Selamat Datang Di Website Kodam II/Sriwijaya "Patah Tumbuh Hilang Berganti"  Manunggal Dengan Rakyat TNI AD Kuat.
Search



20/10/2018 06:12:14

Menu Utama

 HOME
 NORMA
       Sapta Marga
       Sumpah Prajurit
       11 Asas Kepemimpinan
       8 Wajib TNI
       Panca Prasetya Korpri
       Perintah Harian Panglima TNI
 PRASAJA
       Struktur
       Pangdam
       Kasdam
       Jajaran
       Hari Jadi
       Peta Dislokasi Satuan Kodam II
       Penugasan
       Visi & Misi Kodam II
 SEJARAH
       Organisasi
       Panglima
       Sesepuh
       Pergolakan
       Perjuangan
       AM Belanda
       Kisah Heroik
 IDENTITAS
       Lambang
       Pataka
       Mars
 SATUAN KODAM II/ SWJ
       KOREM
       BATALYON
 PENDAFTARAN PRAJURIT
       Pendaftaran AKMIL
       Pendaftaran PA PK
       Pendaftaran Bintara
       Pendaftaran Tamtama
       Pendaftaran Beasiswa PA PK
       Bintara Unggulan & Kowad
 KONTAK
 GALLERY
 COMMENTS
 PENERANGAN PASUKAN
       PENERANGAN PASUKAN
 ARTIKEL
Latest News

DANDIM 0418/PALEMBANG HADIRI FOCUS GRUOP DISCUSSION
19/10/2018 14:50
KAPENDAM I/BB : PENANGKAPAN 11 ORANG PESTA SABU OLEH DENINTELDAM, TUNJUKAN TNI AD SERIUS BERANTAS NARKOBA
18/10/2018 18:38
PANGDAM II/SWJ : “KOMITMEN TNI, NETRALITAS TNI HARGA MATI”
18/10/2018 16:25
HARI PANGAN SEDUNIA
18/10/2018 10:25
KASAD : PENANGGULANGAN TERORISME MEMERLUKAN TINDAKAN KOMPREHENSIF DAN SINERGIS SECARA MULTILATERAL.
18/10/2018 07:18
JAGA SOLIDITAS DAN SINERGITAS TNI-POLRI, PANGDAM II/SWJ KUNJUNGI KORAMIL DAN POLSEK GELUMBANG
17/10/2018 21:43
KODAM II/SWJ GELAR TMMD KE-103 DI 5 KABUPATEN
16/10/2018 17:28
PANGDAM II/SWJ : "PILPRES 2019, NETRALITAS TNI HARGA MATI"
16/10/2018 16:50
PERINGATI HARI JADI KE-73, ZIDAM II/SWJ GELAR SYUKURAN
15/10/2018 16:42
PANGDAM II/SWJ BERI KULIAH UMUM KEPADA 1.375 MAHASISWA/I PERGURUAN TINGGI SE-PROVINSI BENGKULU
11/10/2018 20:46
Email

INTERNAL E-MAIL

 

Calendar

Oktober 2018
MiSnSeRbKmJmSb
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031   

PAGELARAN TARI DAN BELADIRI KOLOSAL WARNAI PUNCAK PERINGATAN HUT KE-73 TNI DI PALEMBANG

Jumat, 05 Oktober 2018 (16:55)

Palembang, (Pendam II/Swj).

Peringatan HUT Ke-73 TNI tahun 2018 yang dipusatkan di Stadion Garuda Sriwijaya (SGS) Markas Jasdam II/Sriwijaya KM. 9 Palembang, Jum’at (5/10/2018) berlangsung khidmat dan meriah. Puncak peringatan HUT TNI kali ini ditandai dengan Upacara Parade peserta upacara dan Pagelaran Tari dan Beladiri Kolosal yang bertajuk "Benteng Nusantara".

Selain diikuti ± 1000 peserta yang terdiri dari personel TNI, Polri, PNS, mahasiswa Akper Kesdam II/Swj, FKPPI, PPM, HIPAKAD, Pelajar dan Pramuka, juga ditampilkan sejumlah Alutsista yang dimiliki ketiga angkatan, baik TNI AD, TNI AL maupun TNI AU, antara lain : Kendaraan Kawal POM TNI, Meriam 105 Armed, Meriam 76, Meriam 57 Arhanud, Meriam 60 Arhanud, Kapal Motor Cepat (KMC), Senhub, Tarantula, ANOA, APR, Kendaraan PJD, dan Jihandak.

Tampak hadir dalam Upacara peringatan HUT TNI tersebut, Gubernur Sumsel H. Herman Deru beserta unsur FKPD, Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara, Kasdam II/Swj Brigjen TNI Syafrial, psc., M. Tr (Han)., mantan Gubernur Sumsel H. Alex Noerdin, Ketua DPRD Sumsel, Kajati Sumsel, FKPD Kota Palembang, para Veteran dan Warakawuri, Ketua dan Wakil Ketua Dharma Pertiwi Daerah B beserta pengurus dan anggota, tokoh masyarakat, tokoh agama, pejabat TNI dan Polri, tamu undangan dan komponen masyarakat lainnya.

Upacara HUT Ke-73 TNI yang mengangkat tema Profesionalisme TNI Untuk Rakyat, ditandai dengan penghormatan kepada lambang-lambang satuan, Pengucapan Sapta Marga dari ketiga angkatan, penerimaan Penghargaan Negara Satya Lencana Kesetiaan (SLK) XXIV tahun kepada Kapten Chb Alfian (AD), SLK XVI tahun kepada Serda Mes Hasbilah (AL) dan SLK VIII tahun kepada Praka Edi Erwani (AU) serta pembacaan amanat Panglima TNI oleh Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum., selaku Inspektur Upacara (Irup). Bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Letkol Inf Erwan Susanto (Danyonif Raider 200/BN), sedangkan untuk Perwira Upacara (Paup), Mayor Czi Dedi Tri Sulistyo.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dalam amanat tertulis yang dibacakan Pangdam II/Swj, menjelaskan, bahwa TNI telah mengerahkan personel dan alutsistanya untuk memberikan pertolongan pertama, melaksanakan evakuasi, menyalurkan bantuan, memberikan pengamanan, serta memulihkan sarana dan prasarana secara bertahap kepada korban yang tertimpa bencana gempa dan tsunami yang berada di Palu, Donggala, Sigi dan Parigi Moutong termasuk yang ada di Lombok.

“Apa yang dilaksanakan di lokasi bencana, baik pengerahan personel maupun alutista, adalah sebagian dari bentuk profesionalisme TNI”, kata Panglima. Oleh karenanya, menurut Panglima,  sangat tepat apabila peringatan HUT Ke-73 TNI tahun 2018 mengambil tema Profesionalisme TNI Untuk rakyat. “Ini mengandung makna bahwa TNI yang senantiasa ditingkatkan profesionalismenya melalui berbagai kegiatan adalah semata-mata untuk seluruh rakyat Indonesia”, tegasnya.

Dijelaskan, TNI juga turut serta dalam menjaga perdamaian dunia dengan mengirimkan pasukan Garuda dalam Perserikatan Bangsa Bangsa keberbagai negara sebagai bentuk partisipasi Negara dalam mewujudkan perdamaian dunia. Kiprah TNI dalam berbagai bentuk penugasan baik didalam maupun luar negeri, membentuk TNI menjadi postur yang disegani.

Tugas lain yang tidak kalah pentingnya adalah, membantu Pemerintah dalam mengatasi aksi terorisme, penegakan hukum di laut, pengamanan wilayah udara, serta terlibat dalam pengamanan even-even strategis nasional dan internasional, seperti pengamanan Asian Games, Asian Para Games, dan pengamanan sidang tahunan IMF-World Bank di Bali.

Lebih lanjut dikatakan, TNI juga terlibat dalam pengamanan pemilu. TNI berkomitmen  untuk terus menjaga netralitas, dalam pelaksanaan pemilu tahun 2019. “Kesuksesan pengamanan Pilkada 2017 dan 2018 menjadi batu pijakan dalam pengamanan pemilihan legislatif dan pemilihan Presiden tahun 2019”, tutur Panglima.

Usai upacara perayaan HUT TNI ditampilkan pagelaran Tarian Kolosal yang dimainkan ratusan personel gabungan dari prajurit dan PNS TNI serta ibu-ibu Dharma Pertiwi (istri prajurit TNI).

Setelah Tari Kolosal, aksi prajurit dilanjutkan dengan atraksi beladiri gabungan Yong Moo Do, Karate dan Pencak Silat yang melibatkan ratusan prajurit satuan tempur dan satuan bantuan tempur jajaran Kodam II/Swj, serta atraksi pemecahan tumpukan balok es yang diiringi dengan tembakan salfo dari para prajurit.

Pagelaran Tari dan demo Beladiri Kolosal ini dimaksudkan untuk memelihara dan meningkatkan semangat kejuangan para prajurit TNI maupun masyarakat serta diharapkan mampu mentauladani semangat kepahlawanan yang terkenal kegigihan, kepribadian dan semangat juang yang tidak kenal menyerah.

Tidak hanya itu, kemeriahan HUT Ke-73 TNI ini juga diisi dengan Panggung Hiburan prajurit rakyat yang menampilkan artis Palembang serta syukuran dan pemotongan tumpeng oleh Gubernur, Kapolda dan Kajati Provinsi Sumsel.

Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum., mengatakan, HUT Ke-73 TNI ini adalah kesempatan bagi TNI untuk melakukan instropeksi diri dan akan terus melakukan yang terbaik di masa mendatang untuk bangsa Indonesia.

“Ini merupakan peringatan hari jadi, tentu sebagai sarana bagi kami untuk tetap utuh dan kuat dalam menjalankan tugas Negara di masa mendatang,” tegasnya.


 
Profil

 
 
 PANGDAM II/SWJ
MAYJEN TNI IRWAN, S.I.P.,M.Hum.
 

  KASDAM  II/SWJ
BRIGJEN TNI SYAFRIAL, psc, M.Tr (Han)
LINK

 

Pemerintah Indonesia

 

    

   TNI        KEMHAN

 

 

TNI AL
   045 GAYA 
   BATALYON
   BATALYON
  
Penerangan Pasukan

Suara Sriwijaya

TNI-POLRI SIAP MENSUKSESKAN

ASIAN GAMES XVIII2018


 


Copyright © 2009 by Kodam II Sriwijaya. Development & Design by Digital Kreasi